Minggu, 16 Februari 2020

Penemu Dan Sejerah Whatsapp




Sejarah WhatsApp

Dikutip dari Wikipedia, WhatsApp didirikan pada 24 Februari 2009. WhatsApp didirikan oleh Brian Acton dan Jan Koum ynag pernah bekerja sebagai pegawai Yahoo. Bermodalkan tabungan sebesar $400.000 yang diperoleh selama bekerja disana, Koum mengunjungi temannya, Alex Fishman untuk berdiskusi mengenai App Store yang kala itu berusia 7 bulan, Koum merasa toko ini menyimpan potensi. Fishman lalu membantu Koum mencari pengembang aplikasi iPhon berjulukan Igor Solomennikov yang berasal dari Rusia.

Tapi meskipun WhatsApp Inc telah berdiri, aplikasi WhatsApp sendiri masih jauh dari beres. Dalam beberapa percobaan, WhatsApp mengalami crash dan gagal berjalan menyerupai yang diharapkan. Putus asa, Koum berniat menutup perusahaannya dan mencari pekerjaan lain. Namun Brian Acton mendorong untuk tetap bertahan beberapa bulan lagi. Pada akhirnya, pada bulan November 2009, WhatsApp resmi memulai perannya di App Store. Sebelumnya, Koum telah membujuk Acton dan lima mantan pegawai Yahoo! lainnya untuk berinvestasi. Setelah mengunjungi App Store, pada bulan Januari 2010 WhatsApp mengembara ke BlackBerry Store dan disusul Android pada bulan Agustus.

Meskipun statusnya telah diubah dari gratis ke berbayar, popularitas WhatsApp tetap melesat cpat di hampir semua plastform. Per Februari 2013 pengguna aktif WhatsApp meledak diangka 200 juta. Angka ini membengkak dua kali lipat pada bulan April 2014. Dan per September 2015, pengguna aktif WhatsApp tercatat sebanyak 900 juta.

Pesatnya pertumbuhan itulah yang menciptakan Facebook tergila-gila kepada WhatsApp. Gayung bersambut, WhatsApp Inc mendapatkan pinangan Facebook dengan mahar sebesar $19 miliar. Pasca berganti bendera, Facebook tidak melaksanakan banyak perubahan pada WhatsApp, tetap dipatok bandrol pertahun dan tanpa iklan . Tidak menyerupai yang ditakutkan banyak orang.





0 komentar:

Posting Komentar