Senin, 16 Desember 2019

Cara Merawat Gigi Patah

Penampilan menarik dan mempesona tidak hanya didapatkan dari bentuk tubuh dan kesehatan kulit yang sempurna, namun juga kesehatan gigi yang sempurna. Deretan gigi putih bersih secara tidak langsung akan mendukung penampilan menjadi lebih menarik.



Tentu agak janggal jika penampilan tubuh dan kulit oke tetapi mempunyai gigi yang patah pada bagian depan, bukan? Agar gigi patah tidak menyebabkan gangguan penampilan, ada baiknya jika mengetahui cara merawat gigi patah agar kepercayaan diri kembali meningkat.

Tips dan triks
Berikut ini beberapa tips dan triks cara merawat gigi patah sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

Gigi tiruan. Pemasangan gigi tiruan lepasan sebagian merupakan salah satu cara instan dan efektif dalam merawat gigi patah. Terdapat berbagai macam tipe dan jenis gigi tiruan lepasan yang dapat dipilih. Namun demikian, diperlukan observasi lebih mendetail mengenai pemasangan gigi tiruan lepasan ini.
Makanan manis. Hindari konsumsi makanan manis dan lembek atau lunak seperti pemen lunak, jenang, dodol dan sejenisnya. Makanan lunak dan manis rawan menyebabkan terjadinya penumpukan plak pada gigi yang patah.

Makanan keras. Hindari mengkonsumsi jenis makanan yang mempunyai struktur keras, seperti kacang kenari, kacang arab ataupun jagung arab serta beberapa jenis kacang-kacangan lainnya. Hindari juga konsumsi makanan yang memiliki cangkang yang harus dipecahkan seperti kepiting.

Kalsium. Konsumsi makanan ataupun minuman yang banyak mengandung kalsium dan vitamin D. Gigi yang patah bisa saja disebabkan gigi mengalami kerapuhan yang disebabkan oleh kurangnya konsumsi kalsium dan vitamin D.

Waspada gigi sebelahnya
Banyak sekali penyebab timbulnya gigi patah ini, mulai dari kecelakaan, penurunan kualitas lapisan gigi hingga terjadinya pengeroposan gigi akibat infeksi bakteri pada plak gigi yang membentuk kantung bakteri.

Salah satu cara merawat gigi patah yang disebabkan oleh infeksi bakteri adalah memperhatikan dan mewaspadai jaringan gigi di sebelahnya agar tidak ikut terinfeksi oleh aktifitas bakteri yang terkumpul pada kantung bakteri. Lakukan pembersihan secara menyeluruh dan teliti agar tidak terjadi plak gigi pada sepanjang garis gusi agar bakteri tidak menyerang dan menginfeksi jaringan gigi disebelahnya. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar