Jumat, 13 September 2019

Simak Ulasan Tentang Pengertian Asam Amino Esensial, Fungsi dan Sumbernya


Asam amino adalah senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan protein yang dibutuhkan dalam proses metabolisme. Asam amino merupakan senyawa organik atau senyawa alami yang terdiri dari gugus amino NH2, gugus asam karboksilat COOH dan satu gugus senyawa lainnya. Satu gugus senyawa lain inilah yang nantinya berperan menentukan nama dan jenis asam amino. 



Ada banyak jenis asam amino yang ada di alam sesuai dengan gugus ketiga yang membangunnya. Namun asam amino yang dibutuhkan manusia hanya 20 jenis saja. Asam aminil ini dibagi menjadi 2 kategori penting yaitu asam amino nonesensial dan asam amino esensial.

Asam amino non esensial merupakan jenis asam amino yang bisa diproduksi di dalam tubuh manusia sendiri. Dari 20 jenis asam amino yang dibutuhkan tubuh, ada 10 jenis asam amino yang termasuk dalam asam amino nonesensial ini yaitu Glisin, Alanin, Serin, Tirosin, Sistein, Sistin, Prolin, Hidroksiprolin, Asam aspartat dan asam glutamat. Sedangkan untuk asam amino yang tidak bisa dibuat di dalam tubuh disebut Amino esensial. Untuk memenuhi kebutuhannya, manusia perlu makan makanan yang banyak mengandung asam amino tersebut.

Berikut ini adalah jenis asam amino esensial beserta fungsi dan makanan yang banyak mengandungnya untuk informasi kebutuhan gizi Anda sekeluarga:

  1. Valin.
Memiliki fungsi untuk menguatkan sel otot dan memperbaiki jaringan otot yang rusak. Valin juga berfungsi untuk memperbaiki kerusakan hati dan saraf. Makanan yang banyak mengandung valin antara lain gandum utuh, keju, kedelai dan jamur.

  1. Lisin.
Lisin merupakan zat pembangun protein dan mengatur nafsu makan. Sumber makanan yang banyak mengandung lisin antara lain ikan laut dan kacang-kacangan terutama kacang polong.

  1. Leusin.
Leusin juga memiliki fungsi untuk perbaikan saraf dan jaringan otot. Sumber makanan untuk senyawa leusin antara lain beras merah, daging, kacang kedelai dan susu kedelai.

  1. Isoleusin.
Memiliki fungsi untuk memperbaiki kerja hati dan merangsang pembentukan saraf.
Sumber makanan untuk isoleusin seperti kacang-kacangan, daging, ikan laut dan telur.

  1. Treonin.
Membantu keseimbangan protein adalah fungsi dari treonin.
Sumber makanan yang banyak mengandung treonin antara lain bayam dan selada air.

  1. Histidin.
Memiliki peran penting dalam pertumbuhan bayi. Memegang peranan dalam pembentukan hemoglobin.
Sumber makanan untuk histidin adalah ikan tuna, ikan kod, daging ayam, dan kacang merah.

  1. Fenilalanin.
Sebagai anti depresan, menekan nafsu makan dan meningkatkan konsentrasi, fungsi memory merupakan beberapa fungsi dari fenilalanin.
Makanan yang kaya akan fenilalanin seperti daging kalkun, daging sapi, minyak wijen, dan ikan salmon.

  1. Triptopan.
Berfungsi merangsang hormon pertumbuhan, menurunkan resiko kejang arteri.
Sumber makanan untuk asam amino ini yaitu bayam, putih telur, kalkun dan kedelai.

  1. Metionin.
Fungsi metionin yaitu untuk memecah lemak, sebagai sintesis DNA dan sebagai zat antioksidan.
Sumber makanan yang kaya akan metionin yaitu putih telur, kepiting, lobster dan sebagainya.

  1. Isoleusin.
Diperlukan dalam pembentukan hemoglobin dan pembentukan jaringan otot.
Sumber makanan yang kaya akan isoleusin antara lain daging domba, ikan kod, ayam, tuna dan kedelai.

Itulah pengertian dari asam amino esensial, bedanya dengan asam amino nonesensial beserta fungsi dan sumber makanannya. Kebutuhan akan asam amino terus ada di dalam tubuh manusia untuk melakukan metabolisme dengan baik. Karena itu penuhilah kebutuhannya dengan makan makanan yang bergizi sesuai dengan kadar nutrisi yang dibutuhkan.

0 komentar:

Posting Komentar