Senin, 26 Agustus 2019

Ingin Punyai Photo Batik yang Bagus ala JuxDuo? Baca Panduan dari Amrazing

JuxDuo, kerjasama artistik di antara creative entrepreuner sekaligus juga Founder and Executive Producer Indonesia Opera Society, Erza S.T., serta Alexander Thian yang diketahui jadi travel influencer sekaligus juga photografer barusan memperlihatkan hasil karyanya yang bertopik "Colours From Home".



Bekerja bersama dengan Iwan Tirta Privat Collection serta dikurasi oleh Isa Art Advisory, Alexander serta Erza tampilkan 18 karya paling baik mereka, dengan batik catat kenamaan punya Iwan Tirta. Dari di antara 18 karya indah photografi batik serta alam Indonesia itu, delapan salah satunya diciptakan di kain type Duchess Silk.

Karya JuxDuo dapat disebut bukan sebatas photo biasa, sebab telah tiba dikurasi oleh kurator terkenal Deborah Iskandar. Tiap fotonya tidak cuma tampilkan keindahan batik saja, dan juga alam Indonesia yang memikat.

Dua karya photografi batik ini diambil di Indonesia. Gambar kanan diambil di Bali sedang yang kiri di Sunda Kelapa, Jakarta Photo: Helinsa Rasputri/kumparan
Dari di antara banyak tempat yang diambil Alexander serta Erza, seputar 40 % photo yang mereka mengambil berlatar Indonesia.

"Yang paling Indonesia, yang langit serta batiknya berwarna pink, itu diambil di Sunda Kelapa. Sama yang disebelahnya, yang warna langitnya biru, itu benar-benar Bali, difotonya di Bali," kata pria yang lebih popular diketahui jadi Amrazing ini waktu didapati dalam acara talkshow "Colours From Home" di Plaza Indonesia pada Rabu (21/8) saat diminta untuk pilih.

Menjadikan satu batik dengan alam Indonesia menurut Alexander Thian bukan hal yang gampang, ditambah lagi dia terlatih lakukan portrait fotografi, bukan dengan kain, tetapi lebih pada manusianya. Tetapi, sepanjang satu tahun, dia bersama dengan Erza habiskan waktu untuk cari ide paling pas agar mengoptimalkan ke-2 hal itu.

"Sebab memang kami misinya ingin menonjolkan tidak hanya batik Indonesia saja, lho, yang bagus, alam Indonesia bagus. Jadi dapat tampilkan dua hal pada sebuah gambar. Kan dari pertama kami telah punyai misi, kami ingin memperkenalkan Indonesia di dunia, Indonesia bukan hanya Bali, Indonesia punyai budaya-budaya yang bagus-bagus," tutur pria yang akrab dipanggil Alex itu.

Talkshow "Colours From Home" yang didatangi Alexander Thian, Masa Soekamto, serta Erza S.T.
Dalam pembicaraan dengan kumparan, JuxDuo mengaku jika mereka masih mempunyai tempat yang diimpikan dalam lakukan pengambilan foto batik yang belum kesampaian. Semestinya komponen Yin serta Yang yang berseberangan, opini di antara Erza juga berlainan dengan Alex.

Ezra sendiri ingin tampilkan keindahan batik di Borobudur, sesaat Alex punyai yang diimpikan agar bisa menyimpan karyanya ditengah-tengah lanskap Selandia Baru yang masih alami.
"Borobudur, sebab Borobudur itu, kan, telah diketahui dunia, ya. Jika dapat motret batik disana, bukan hanya bagus saja, dan juga ada rasa bangga," papar Erza.

"Selandia Baru! Saya telah 2x kesana, tetapi si Erza belum. Kebayang tidak sich, disana tuch gunung, apa semua macem.

Saya tuch kebayangnya ditengah-tengah jalan disana itu kan sepi sekali. Ditengah-tengah jalan, cocok domba-domba melalui, terus latar belakangnya gunung, saya fotoin Erza dari belakang, cekrek. Kebayangnya idenya demikian, hanya kan belum insiden sampai saat ini," lebih Alex.

Nah, buat kamu yang ingin mempunyai foto-foto indah seperti JuxDuo, Amrazing memberi beberapa panduan menarik yang dapat untuk dibarengi, bahkan juga oleh pemula. Apa sajakah?


1. Ide
Ide adalah hal penting dari satu photo. Sebelum memphoto, kamu harus telah mempunyai narasi yang ingin dilukiskan. "Jadi bergantung kamu ingin narasi mengenai apa, modelnya siapa, selanjutnya fotonya dimana, itu banyak sekali megang fungsi," jelas Alex.

2. Pakai Lensa Wide
Sesudah tahu ide yang akan dipakai, Amrazing merekomendasikan supaya kamu memakai lensa wide waktu memphoto. Tidak hanya dapat mendapatkan keuntungan angle yang lebar dari medan yang sempit, kamu akan mendapatkan kesan-kesan grande dari batik yang dipakai ditengah-tengah lanskap yang diambil.

3. Belajar Segitiga Exposure
Menurut pria yang diketahui seringkali mengupload content bau horoskop dalam Instagramnya itu, bila ingin memperoleh hasil yang bagus, kamu harus belajar segitiga exposure. Segitiga exposure ialah arti yang dipakai untuk tiga komponen basic photografi, yaitu aperture, shutter speed, serta ISO.

Semasing komponen ini akan sama-sama memengaruhi sinar yang masuk sampai sensor camera untuk ambil photo. "Belajar segitiga exposure itu penting sekali, agar bagaimana juga motret ialah melukis dengan sinar. Kamu harus tahu ingin melukis apa, bagaimana melukisnya," tuturnya.

Sesaat untuk koreksi gambar, Alex merasakan jika koreksi bukan hal yang perlu dikerjakan. Seandainya photo yang kamu bisa telah bagus, kadang tidak butuh diubah-ubah juga, photo itu telah punyai kualitas yang bagus.

Ini dikisahkan Alex sebab satu diantara photo yang dia pamerkan dalam "Colours From Home" diambil memakai camera hp, sedang photo yang lain yang diambil di Surabaya tidak diedit benar-benar.

"Sebab kamu tidak dapat mengeditnya photo yang buruk. Jadi saat kamu punyai photo serta modalnya telah bagus, kamu click dikit saja telah bagus. Bahkan juga tidak diedit saja telah bagus," tutupnya.

0 komentar:

Posting Komentar