Selasa, 20 Maret 2018

Berpanas-panas di Hari Tanpa Bayangan, Begini Tips Hindari Dehidrasi

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengumumkan bahwa Indonesia akan mengalami hari tanpa bayangan pada 21 Maret 2018. Fenomena ini terjadi saat matahari tepat berada di atas ekuator (khatulistiwa), sehingga pada siang hari nanti Indonesia akan tidak memiliki bayangan.

"Fenomena ini disebut hari nir bayangan atau hari tanpa bayangan," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat LAPAN, Jasyanto,


Mengetahui hal ini, dr Laskmi Duarsa, SpKK, dari RS Surya Husada, Bali mengatakan bahwa fenomena ini bisa membuat dehidrasi jika cuaca sangat terik di siang hari nanti.

"Kalau panasnya terik banget bisa dehidrasi. Jangan lupa minum air yang banyak, air putih ya," ujarnya saat dihubungi 

Jika pada saat fenomena ini kita merasa dehidrasi, dr Laksmi menyarankan untuk mandi dengan air dingin. Tetapi jangan mandi ketika masih dalam keadaan berkeringat.

"Kalau panas, bisa mandi dengan air dingin. Tapi jangan pas lagi keringatan, istirahat dulu sampai keringatnya hilang," jelasnya.

Pelembab dan minyak untuk mengolesi kulit juga dikatakan dr Laksmi sangat berguna untuk menjaga kelembapan. Dengan ini, dehidrasi mungkin saja tidak terjadi saat fenomena nir bayangan.

Menurut LAPAN, fenomena ini akan terjadi dua kali di Indoneisa. Yakni pada 21 Maret dan 23 September 2018.

0 komentar:

Posting Komentar