Rabu, 21 Maret 2018

4 Macam Bahan Popok Kain dengan Kelebihannya


Perlengkapan bayi memiliki kualitas yang berbeda-beda sesuai dengan produk dan bahannya. Begitu juga dengan popok kain yang terbuat dari bermacam bahan. Apa sajakah bahan yang digunakan dan apa kelebihannya? Anda bisa menemukan beragam macam popok kain di jual popok bayi. Berikut jenis-jenis bahan yang digunakan dalam pembuatan popok kain.


1.      Fleece / Microfleece Material Sintetis 100% Polyster
Fleece / Microfleece  terbuat dari Material sintetis dengan 100% polyester. Tepian popok ada juga yang terbuat dari fleece yang diletakkan di atas popok kain sebagai lapisan untuk menahan air dan untuk menyenangkan pembuangan air besar bayi.

Material ini sangat umum digunakan sebagai lapisan dalam pocket popok kain, AIO/AI2 dan cover popok kain. Bahan Fleece terdiri dari berbagai kualitas. Di mana kualitas yang paling bagus adalah Polar Fleece.

Kelebihan yang dimilikinya yaitu pertama, amat lembut untuk digunakan bagi kulit bayi. Kedua, berfungsi untuk menarik air ke lapisan bawah secara efektif. Ketiga, menjaga kulit bayi tetap kering saat memakai popok kain. Keempat, memiliki sirkulasi udara, mudah dicuci, cepat kering, dan awet untuk digunakan.

2.      Microfiber Kombinasi Polyester dan Polyamide
Microfiber yang digunakan dalam pembuatan popok adalah kombinasi polyester dan polyamide yang merupakan bahan sintetis. Kelebihan dari bahan ini yaitu pertama, harganya lebih murah dan mudah ditemukan. Kedua, memiliki kemampuan daya serapan yang tinggi. Ketiga, mampu menyerap cairan dari permukaan kulit bayi dengan cepat dibandingkan material lainnya.

3.      Wool Material dari Kulit Domba
Wool merupakan material alami yang berasal dari kulit domba yang sangat cocok sebagai bahan luar popok. Bahan ini yang juga digunakan untuk membuat baju dingin atau sweater. Ada pun kelebihan dari bahan ini yaitu pertama, bahannya memiliki sirkulasi udara sehingga sesuai untuk dipakai pada cuaca panas atau pun dingin bagi bayi Anda.

Kedua, bahan ini dapat digunakan berulang kali tanpa Anda mencucinya. Ketiga, memiliki  lanolin di dalam wool sehingga dapat menghapus air secara efisien dari kulit bayi Anda. Namun, popok kain ini memerlukan perawatan yang khusus dan sedikit sulit ditemukan pada toko jual popok bayi di Indonesia.

4.      Terbuat dari Bahan Bamboo yang Semakin Populer
Bahan bomboo yang terbuat dari tanaman bamboo ini semakin populer digunakan dalam pembuatan popok kain. Kelebihan dari bahan ini saat digunakan sebagai bahan popok kain adalah pertama, memiliki sirkulasi udara sehingga dingin dipakai saat cuaca panas. Kedua, berbahan lembut. Ketiga, bahannya menyerap lebih kuat dibandingkan microfiber sehingga sesuai untuk penggunaan malam hari. Keempat, memiliki sifat anti-bakteri yang alami.

Di tempat yang jual popok bayi yang lengkap akan menyediakan popok kain dan popok sekali pakai. Namun, tidak semua bahan dasar popok kain seperti yang dijabarkan di atas tersedia. Anda tentu perlu inisiatif dalam mengambil keputusan, popok mana yang lebih baik dan nyaman digunakan bagi bayi Anda.

0 komentar:

Posting Komentar